Fungsi Layer Pada Photoshop

Sebelum mengerjakan sebuah “project” atau editing gambar dalam photoshop, ada hal dasar yang perlu diketahui salah satunya yaitu mengenai layer. Fungsi layer pada photoshop bisa dikatakan adalah sebagai lapisan – lapisan gambar dalam photoshop. Dimana gambar dalam sebuah photoshop sesungguhnya bisa saja terdiri dari beberapa gambar yang disatukan. Sehinngga kita bisa melakukan editing pada sebuah gambar tanpa harus mengganggu gambar lain yang masih dalam satu project. Untuk lebih jelasnya kita bisa menyimak gambar di bawah ini.

Dari gambar diatas jelaslah bahwa fungsi layer pada photoshop untuk memudahkan kita dalam memisahkan atau memilah gambar  dimana saat melakukan editing sebuah gambar maka kita harus memilih dulu layer mana yang akan kita edit. Pemilihan layer cukup dengan mengklik kiri nama layer yang tertera di jendela sebelah kanan dari photoshop  atau kalau tidak menemui bisa dimunculkan dengan memilih pada tab window lalu klik Layer.

Kita bisa menggunakan option / pilihan auto select untuk memudahkan kita dalam memilih layer yang hendak kita pilih. Seperti dibawah ini dimana pilihan auto select kita aktifkan pada Move Tool dengan memberi centang pilihan auto select nya.

Berikut adalah jabaran lengkap mengenai fungsi layer pada photoshop :

Untuk menampilkan palet layers secara cepat, tekanlah tombol fungsi F7 atau menu Window>Layer. Melalui palet layer, sebagian besar aktivitas layer dapat dikendalikan. Palet layers terletak satu group dengan palet Channel dan paths.
Palet layers terdiri dari bagian-bagian sebagai berikut:
  1. Blending Mode, adalah macam-macam pilihan mode untuk mencampurkan warna dengan gambar yang berada di latar belakangnya.
  2. Opacity, adalah tingkat tembus pandang dari sebuah layer.
  3. Fill, adalah tingkat banyaknya pixel yang dimiliki oleh sebuah layer.
  4. Lock, terdiri dari fasilitas untuk mengunci layer.
  5. Eyeball, menunjukkan apakah layer sedang tampil/terlihat di layar monitor atau tidak.
Sedangkan layer sendiri berupa gambar kecil dalam kotak di samping Eyeball disertai nama layer disebelah kanannya. Layer yang sedang aktif papan namanya otomatis berwarna biru. Perintah  pada palet layers berupa tombol-tombol perintah sehubungan dengan pengelolaan dalam pelet layers yang terdiri dari:
  1. Link layer. Bila dua buah atau lebih layer sedang terpilih maka dapat dirangkai atau dihubungkan dengan link ini.
  2. Add Layer style. Untuk menambahkan sebuah layer untuk memuat style.
  3. Create New Fill or Adjustmen layer. Untuk membuat lapisan layer baru yang menyimpan proses adjustmen yang anda lakukan.
  4. Create New Group. Untuk membuat sebuah group latyer baru.
  5. Create A New Layer. Untuk membuat atau menambahkan layer baru yang masih kosong

 

Daftar Isi :

01. Tutorial Photoshop

Tags:

  • fungsi layer
  • fungsi layer pada photoshop
  • fungsi layer style
  • fungsi layer pada adobe photoshop
  • fungsi fill layer
  • fungsi auto select layer
  • kegunaan layer pada adobe photoshop
  • Fungsi layer pada aplikasi photoshop
  • fungsi palet layer
  • peran layer pada photoshop
You might also likeclose